Malingping Memisahkan Diri

July 2, 2010 at 5:47 pm 2 comments

Peta Map malingping

Peta Map malingping

Sejumlah tokoh asal Kecamatan Malingping yang tergabung dalam Komite Pembentukan Kabupaten Malingping (KPKM), Rabu (30/6), menggelar audiensi rencana pembentukan Kabupaten Malingping.
Bertempat di Hotel Bagedur, Kecamatan Wanasalam, audiensi ini mengundang seluruh anggota DPRD Lebak asal Lebak Selatan (daerah pemilihan IV dan V). Sebelumnya desakan pemekaran wilayah dilontarkan Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan.
Ketua KPKM Sujaya Arsudin kepada Radar Banten mengungkapkan, kegiatan itu untuk membahas aspirasi masyarakat di 10 kecamatan yang menginginkan Malingping menjadi kabupaten baru. Ditambahkan, 10 kecamatan yang mengaspirasikan Malingping dijadikan kabupaten adalah Kecamatan Malingping, Cijaku, Wanasalam, Banjarsari, Panggarangan, Bayah, Cibeber, Cilograng, Cihara, serta Cigemblong. “Aspirasi ini akan kami sampaikan langsung kepada anggota dewan yang hadir di Bagedur hari ini (kemarin-red),” Sujaya.Namun, Sujaya belum mau berkomentar banyak perihal aspirasi pemekaran wilayah itu. “Tolong pak, kami belum bisa komentar banyak, karena acaranya masih berjalan. Bahkan kalau bisa pemberitaannya jangan terlalu dibesar-besarkan dulu,” harapnya,
Sementara itu, anggota DPRD dari Fraksi PKS Cicih Mustikawati yang turut hadir di Bagedur mengatakan, dalam pertemuan dengan KPKM diketahui bahwa rencana pembentukan Kabupaten Malingping ternyata telah terdaftar secara resmi di Departemen Dalam Negeri (Depdagri) pada 2007 lalu. Bahkan lanjut Cicih, KPKM berani menunjukkan surat keputusan (SK) pendaftaran pembentukan Kabupaten Malingping dari Depdagri. “Dengan memiliki SK pendaftaran pembentukan Kabupaten Malingping dari Depdagri ini, KPKM akan terus berjuang, agar aspirasi 10 kecamatan ini bisa direalisasikan pemerintah pusat,” kata Cicih.
Dia juga meresponS baik aspirasi KPKM. Pasalnya, KPKM bertujuan untuk kepentingan pemerataan pembangunan sekaligus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Lebak Selatan. “Bukan kami tidak konsisten terhadap perjuangan Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan (Bakor PKC), namun yang penting kita cari jalan yang terbaik agar Lebak Selatan bisa menjadi kabupaten baru. Apalagi, tujuan Bakor PKC dan KPKM saya nilai searah dan satu tujuan,” katanya.
Ditemui terpisah, Bupati Mulyadi Jayabaya mengaku tidak ada masalah dengan aspirasi yang diusung KPKM sepanjang memenuhi prosedur yang ada. Bupati menegaskan, tidak akan menghalang-halangi jika dinyatakan layak dijadikan kabupaten oleh pemerintah pusat. “Sejak dulu saya katakan tidak akan menghalang-halangi keinginan rakyat di Lebak Selatan yang ingin membentuk kabupaten baru. Apalagi tujuan pembentukan kabupaten baru untuk kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan, pasti akan kami dukung, yang tentunya harus melalui proses yang benar,” tegas Bupati. sumber : radarbanten.com

Baca Juga Berita seputar Keinginan Malingping ingin memisahkan diri. Di tulis oleh Ujang Iskandar dengan judul, yang sangat menarik :  Cepat Atau Lambat Malingping Jadi Kabupaten .

Pemekaran wilayah kabupaten Malingping merupakan harga mati bagi masyarakat Lebak Selatan. Adalah sesuatu yang wajar apabila masyarakat menaruh perhatian terhadap kabupaten baru “ Malingping” berdasarkan hasil deklarasi pembentukan panitia tanggal 6 April 2000 atau 1 Muharam 1439 H.merupakan sejarah pembentukan Komite,yakni” Komite Pembentukan Kabupaten Malingping” KPKM dari awal Komite sudah melangkah memperjuangkan kabupaten Malingping sejak tagun 2000 sampai sekarang,namun terbenturnya berkaitan pemekaran Propinsi Banten yang ingin terpisah dari Jawa Barat,maka pemekaran Kabupaten Malingping dihentikan sementara dan didahulukan terlebih dahulu untuk pemekaran Propinsi Banten,Pemekaran merupakan langkah perjuangan bersama antara KPKM dan masyarakat lebak selatan kedepan,agar kabupaten Malingping jangan mandeg ditengah jalan harus terus berjuang sampai darah penghabisan.
Pada saat pertemuan dengan Deputi V Kementrian Pembangunan Daerah Terpencil di Aula Roem Bagedur(24/5)Dr.Ir.Tatang Wiranto.MURP dan Pembina KPKM Pusat Majen(Purn.TNI)H.Maulana,menyimak dengan jelas, berdasarkan Surat Keputusan Mentri Dalam Negeri No.135/2000 tentang Pemekaran Kabupaten Malingping,indikasi lain tentang perbedaan nama”antara Malingping dan Cilangkahan” merupakan dalam perjuangan awal beradasarkan SK Mentri,yang lainya cacat hukum.
Dr.Ir.Tatang Wiranto.MURP,merupakan narasumber pada waktu itu beliau menjelaskan bahwa terjadinya suatu pemekaran kabupaten Malingping harus ditunjang tiga komponen.pertama: Investasi,kedua:Inprastruktur dan ketiga :Insitusi,ketiga unsur ini harus dipenuhi oleh KPKM atau masyarakat salah satunya pelayanan publik dan pembangunan sektor perdesaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang perekonomian sektor kerakyatan,Industrialisasi dan teknologi agar pendapatan rakyat lebih meningkat termasuk insitusi sendiri.
Pemekaran Kabupaten sesuatu strategi perencanaan infrastruktur agar Kabupaten Malingping adanya suatu pemertaan pembangunan.

Otonomi
Untuk mendukung kebijakan otonomi daerah kabupaten Malingping,kita harus berpijak kepada peraturan Pemerintah Pusat dan Daerah yang telah menetapkan kebijakan otonom yang luas,nyata dan dapat diperjuangkan.Menurut Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah,pada bab 1 pasal 1 hurup 5”tentang Otonomi daerah,adalah hak wewenang dan kewajiban daerah,untuk mengatur otonom dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat.

Implementasi
Fakta diatas menggambarkan dalam perjalanan implementasi kebijakan otonomi daerah,pemekaran kabupaten Malingping merupakan perjalanan perjuangan bersama,hal ini dapat dimaklumi masyarakat membutuhkan pelayanan yang optimal,diharapkan pelayanan publik,pelayanan demokrasi dan pemberdayaan terhadap masyarakat dapat terwujud.

Aksi
Untuk terwujudnya pamekaran Kabupaten Malingping harus adanya program aksi nyata antara KPKM dan masyarakat,KPKM tidak akan berjalan sendiri-sendiri harus berkolaborasi dengan elemen lainnya termasuk media cetak dan media elektronik,cepat dan lambat kabupaten Malingping akan terwujud apabila perjuangan ini tidak dikomersilkan sekadar mencari materi sesaat.perjuangan masih panjang dan masyarakat menunggu atas perjuangan yang telah diberikan amanah ini kepada KPKM,selamat berjuang.

Oleh : Ujang Iskandar (Wartawan Suara Akar Rumput) Ka. Biro Banten-Lebak

Entry filed under: Berita Banten, Kabupaten Lebak, Kecamatan Malingping, Lebak, Lindawati, Linsay, Malingping, Pantai Binuangen, Potensi Lebak, Seputar Lebak. Tags: .

Kawah Putih Ciwiday Bandung Indahnya Sawarna Bayah-Lebak

2 Comments Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Profile

lindawatisay

lindawatisay

Warga Malingping, Lebak Banten

View Full Profile →

Blog Stats

  • 61,197 hits

Hours & Info

Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Flickr Photos

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

Butterfly

Aurora Borealis at Jökulsárlón

More Photos

%d bloggers like this: