Evakuasi Imigran Srilanka Mendesak

April 12, 2010 at 8:22 am Leave a comment

CILEGON – Pemkot Cilegon mendesak pengevakuasian 205 imigran ilegal asal Srilanka yang sudah enam bulan tertahan di restricted area, Pelabuhan Indah Kiat, Merak.
Diharapkan, sebelum Pilkada para pencari suaka ini sudah dipindahkan ke Pulau Galang, yang akan menjadi tempat penampungan para imigran itu.
“Kita khawatir jika tidak segera dipindahkan akan dimanfaatkan (untuk) kepentingan politik. Kami harap Satgas Penanganan Imigran Ilegal segera mengambil langkah cepat,” kata Udin Madkarim, Asisten Daerah I Pemkot Cilegon, Minggu (11/4).
Udin menegaskan, selama ini pemerintah daerah terus memantau perkembangan para imigran ilegal asal Srilanka dan memberikan dukungan penuh kepada Satgas Penanganan Imigran Ilegal untuk segera bertindak agar ada kejelasan nasib para imigran yang menolak dikembalikan ke negara asalnya ini.
Terlebih, kata Udin, para imigran sudah tinggal terlalu lama di atas Kapal Jaya Lestari 5 dan di tenda-tenda darurat yang sudah kurang layak. Apapun upaya yang akan dilakukan Satgas Penanganan Imigran Ilegal, kata Udin, pastilah telah sesuai aturan yang berlaku dan tupoksinya. “Kita tahu Satgas tengah berusaha yang terbaik dan kita tunggu eksennya,” tegas Udin.
Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Imigran Ilegal Triono Wibowo saat dihubungi mengungkapkan hingga saat ini belum menyelesaikan seluruh persiapan pengevakuasian para imigran ke Pulau Galang. Semua pihak terkait, kata dia, masih melakukan tugasnya masing-masing untuk menyukseskan pengevakuasian para suku tamil itu. “Mulai dari pendataan hingga persiapan di tempat penampungan masih terus berjalan dan belum selesai. Kita harap dalam waktu dekat ini sudah ada keputusan,” katanya.
Ia pun menginginkan agar proses pengevakuasian segera dilakukan, karena keberadaan imigran ilegal itu sudah terlalu lama. Ia mengaku miris melihat para imigran itu tinggal di tempat yang kurang layak. “Atas dasar kemanusiaan kita akan melakukan yang terbaik bagi para imigran ini. Kalau ada perkembangan kita akan informasikan dengan cepat,” tandasnya. (fal)Radar Banten

Entry filed under: Berita Banten, Cilegon. Tags: .

DPRD Banten Sekarang Kurang Kritis Masyarakat Perkotaan Rawan Penyakit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Profile

lindawatisay

lindawatisay

Warga Malingping, Lebak Banten

View Full Profile →

Blog Stats

  • 61,203 hits

Hours & Info

Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Flickr Photos

A bellezza di a natura (C☺rsica)

Southern White-faced Owl D75_5752.jpg

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

More Photos

%d bloggers like this: